3 Pertanyaan ntuk ditanyakan sebelum bergabung dengan platform media sosial terbaru - Banyak dari kita memasuki industri PR dan pemasaran untuk beberapa versi alasan yang sama— di atas segalanya, kita senang terhubung dengan orang lain dan menemukan pengalaman manusiawi yang dibagikan.

Namun, saya telah menyaksikan rekan-rekan yang tak terhitung jumlahnya di industri ini mencoba mengikuti dorongan hati ini dan kehilangan waktu dan energi yang berharga untuk apa yang saya sebut sebagai "gangguan pemasaran tupai."

Ini adalah saat platform atau metode media sosial baru muncul dan menanamkan perasaan utama FOMO (takut ketinggalan) di seluruh industri. Semua orang berlomba untuk mendaftar untuk hal yang "baru", mencolok hanya untuk mengetahui bahwa mereka tidak memiliki bandwidth untuk memberikan perhatian yang layak. Berkedip ke depan untuk Anda yang merasa sangat kewalahan dan frustrasi dengan hal yang membuat Anda menjadi fanatik hanya tiga minggu yang lalu.

Jika perasaan ini terdengar asing bagi Anda—mungkin Anda baru saja mengalami apa yang saya jelaskan di atas saat mengunduh Clubhouse atau TikTok untuk pertama kalinya—izinkan saya membantu Anda mengatasi sakit kepala di lain waktu: Pemasaran tupai sangat dilarang.⁠

Apa yang terjadi ketika Anda membagi sedikit energi Anda di banyak tempat yang berbeda? Bagi saya, itu menghasilkan konten yang biasa-biasa saja, strategi pemasaran yang biasa-biasa saja, dan mau tidak mau, pertumbuhan bisnis yang biasa-biasa saja.

Berputar sepanjang waktu, atau menerapkan strategi pemasaran baru karena FOMO (dan bukan keputusan bisnis yang selaras) bukanlah praktik terbaik. Jadi, sebelum Anda pergi dan mengunduh aplikasi atau alat media sosial terbaik berikutnya, berhentilah dan tanyakan pada diri Anda terlebih dahulu tiga pertanyaan utama ini :

1. Mencari Keberadaan Audiens Anda Di Sosial Media ?

Sebelum Anda mengunduh platform pembuat buzz terbaru, lakukan riset untuk menentukan apakah audiens Anda benar-benar tertarik! Jika tidak, Anda akan menghabiskan semua energi, perencanaan, dan strategi itu agar tidak terlihat oleh siapa pun. Atau setidaknya, tidak ada orang yang akan secara aktif terlibat dengan Anda atau membeli dari Anda—itulah yang kita semua cari, bukan?

Kembali ketika Clubhouse pertama kali muncul, saya sedang mempertimbangkan untuk menjelajahi platform, sampai saya benar-benar mulai terlibat dengan audiens saya untuk melihat apa yang mereka katakan tentangnya. Audiens saya terdiri dari wanita pekerja, banyak yang memiliki pekerjaan penuh waktu dan keluarga untuk ditangani sambil membangun bisnis sampingan mereka. Semakin banyak orang yang saya tanyakan dalam jaringan saya sendiri, semakin yakin saya bahwa Clubhouse bukanlah tempat saya. Saya mendapat banyak tanggapan seperti, “Saya tidak punya waktu untuk itu. Saya tidak punya waktu untuk duduk di sesuatu selama enam jam dan mendengarkan di sebuah ruangan dan berharap saya mendapatkan nilai.”

Jika orang yang Anda buat kontennya bahkan tidak ada di sana untuk melihatnya, lalu apa gunanya itu untuk pemasaran Anda? Semakin Anda mengenal ceruk audiens Anda, semakin mudah dan efisien proses ini, karena Anda akan tahu persis di mana mereka muncul.

2. Apakah Anda Memiliki Kapasitas Di Sosial Media ?

Jika Anda sudah bekerja dengan kapasitas penuh Anda, tanyakan pada diri Anda seperti apa menambahkan satu hal lagi di piring Anda. Apa yang mungkin Anda perlukan untuk berkompromi yang sudah terjadi?

Ketika Clubhouse pertama kali dimulai, beberapa rekan saya ikut-ikutan, mengaku menghabiskan hingga delapan jam sehari di peron. Tak lama kemudian, kegembiraan berubah menjadi kewalahan, dengan komentar seperti: “Saya tidak punya waktu untuk mengerjakan bisnis saya. Saya menemukan bahwa saya tidak punya waktu untuk apa pun. Apa tipsmu?”

Dengan mengorbankan waktu Anda, Anda berisiko membuat strategi Anda baik-baik saja ketika mereka bisa menjadi luar biasa. Itu sebabnya saya benar-benar meninggalkan media sosial sebagai sarana utama saya untuk mendatangkan prospek dan penjualan klien, memilih untuk memprioritaskan hal-hal lain seperti blogging, Pinterest, dan optimisasi mesin pencari (SEO) yang kuat.

Sejak menerapkan strategi ini dua tahun lalu, saya telah mengalami peningkatan lalu lintas situs web sebesar 300% dan telah menggandakan pendapatan tahunan saya. Terkadang melakukan lebih sedikit adalah yang terbaik!

3. Apakah Sudah Sesuai Dengan Bisnis Anda ?

Satu hal yang saya lakukan untuk diri saya dan bisnis saya yang sangat saya rekomendasikan adalah menetapkan aturan pemasaran Anda, atau nilai-nilai yang ingin Anda komit dan tidak dilanggar. Dua aturan yang saya buat untuk diri saya sendiri telah memungkinkan saya untuk membuat keputusan yang selaras dalam bisnis saya.

  • Saya ingin mengarahkan lalu lintas ke situs web saya.
  • Saya ingin membuat konten yang selalu hijau.
Situs web saya adalah basis rumah saya. Ini adalah toko serba ada untuk perpesanan, sumber daya, blog, podcast, dan lainnya. Oleh karena itu, saya sangat menganggapnya sebagai aset bisnis No. 1 saya.

Setelah saya memiliki anak dan waktu saya menjadi lebih terbatas, saya mulai serius tentang jenis konten yang saya buat untuk audiens saya. Saya menyadari bahwa saya perlu membuat konten yang tidak akan hilang begitu saja dalam satu jam, sehari, atau bahkan berbulan-bulan. Jadi, setiap kali platform baru muncul atau sesuatu yang baru terjadi, saya kembali ke dua aturan saya dan bertanya: apakah platform ini sesuai dengan aturan saya?

Clubhouse, ternyata melanggar aturan saya tentang konten yang selalu hijau. Saya tidak akan membuat konten yang hilang karena saya tidak percaya itu pernah melayani saya dalam jangka panjang. Sebagai tandingan, saya memiliki posting blog yang masih mengarahkan lalu lintas ke situs web saya yang saya tulis pada tahun 2016.

Begitu banyak pemasaran adalah tentang ketahanan, meluangkan waktu dan energi tetapi tidak terlalu memaksakan diri. Anda harus menarik garis di suatu tempat untuk memastikan Anda tampil sebagai yang terbaik di tempat yang benar-benar penting.

Sumber : Prdialy.com